lokakarya-mahasiswas
11:28

Lokakarya Evaluasi dan Strategi Peningkatan Prestasi Mahasiswa di FILKOM UB

lokakarya-mahasiswa3Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan kegiatan “LokakaryaEvaluasi dan Strategi Peningkatan Prestasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer di Tingkat Nasional dan Internasional” pada Jumat hingga Sabtu (11– 12/5). Bertempat di Ruang Multimedia lt.12 Gedung F FILKOM UB, lokakarya tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Brawijaya, Jajaran pimpinan FILKOM UB, para wakil dekan bidang kemahasiswaan dari berbagai fakultas, dan perwakilan berbagai organisasi kemahasiswaan yang ada di FILKOM UB antara lain; BEM, DPM, Himpunan dan LSO.

lokakarya-mahasiswa1Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama, dilanjutkan dengan pembacaan Sari Tilawah Al-Quran oleh perwakilan mahasiswa. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang diantaranya oleh Edy Santoso, S.Si., M.Kom., selaku Ketua Pelaksana, Dekan Fakultas Ilmu Komputer, dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Arief Prajitno, M.S. Dalam sambutannya, Edy Santoso, S.Si., M.Kom., Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan FILKOM UB ini mengungkapkan bahwa kegiatan lokakarya tersebut diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan semangat mahasiswa dalam berprestasi di bidang kemahasiswaan. Khususnya kompetisi tingkat nasional, terutama dalam PIMNAS.
“Untuk catatan prestasi mahasiswa FILKOM sebetulnya sudah cukup banyak. Tapi khusus untuk prestasi di PIMNAS masih kurang,” jelas Edy.

Senada dengan wakilnya, Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, M.T, Ph.D selaku Dekan FILKOM UB menyampaikan bahwa prestasi mahasiswa FILKOM UB tertinggal dibanding mahasiswa fakultas lain khususnya di ajang PKM atau PIMNAS, hal ini dikarenakan terbatasnya topik di bidang IT yang bisa ditandingkan di kompetisi tersebut. Namun lain cerita bila bidang TI dikolaborasikan dengan bidang dari fakultas lain. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini mampu membuka peluang-peluang kolaborasi tersebut sehingga mampu mendongkrak prestasi mahasiswa FILKOM UB.

lokakarya-mahasiswa2Prof. Dr. Ir. Arief Prajitno, M.S. dalam sambutannya memberikan semangat kepada para mahasiswa-mahasiswa FILKOM UB untuk terus berkreasi dan mengukir prestasi di berbagai ajang perlombaan dan kompetisi, khususnya di ajang PIMNAS yang sangat bergengsi. Dijelaskan oleh beliau, Universitas Brawijaya telah menduduki peringkat 3 Nasional dalam bidang prestasi mahasiswa. Dengan target juara PIMNAS ke 4 kali berturut-turt, dan 7 kali juara PIMNAS, beliau berharap semua fakultas di Universitas Brawijaya mengadakan lokakarya serupa guna mengingkatkan pengetahuan dan semangat para mahasiswa untuk mengukir prestasi.

Pada hari pertama, materi Motivasi untuk Mencapai Prestasi Mahasiswa disampaikan oleh Akhmad Muwafik Saleh, S.Sos., M.Hum. yang merupakan Wakil Dekan III Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan dimoderatori oleh Edy Santoso, S.Si., M.Kom. Pada hari kedua dilanjutkan dengan materi mengenai Strategi Evaluasi dan Strategi Mencapai Juara PIMNAS, dilanjutkan paparan Evaluasi Capaian Prestasi Bidang Kemahasiswaan FILKOM UB yang keduanya diisi oleh Edy Santoso, S.Si., M.Kom. dimoderatori oleh Adam Hendra Brata, M.T., M.Sc.

Share