01_DTS_2019ub
16:31

Pembukaan Digital Talent Scholarship 2019 FILKOM UB: Peminat Lebihi Kuota 300 Peserta

Beasiswa pelatihan Digital Talent Scholarship 2019 Fresh Graduate Academy (DTS 2019 FGA) hasil kerjasama Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo RI) dan Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (FILKOM UB) dibuka pada Senin (1/6/2019). Bertempat di gedung G lantai 2 FILKOM UB acara ini dihadiri oleh perwakilan Dinas Kominfo Kota Malang, tamu undangan, trainer, asisten dan pendamping peserta serta para peserta yang lolos uji substansi DTS 2019 FGA di FILKOM UB.

Acara dibuka dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta sambutan – sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh ketua Penyelenggara DTS 2019 UB Ir. Heru Nurwarsito, M.Kom, kemudian dilanjutkan sambutan dari Dekan FILKOM UB Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, M.T, Ph.D dan terakhir sambutan dari Rektor UB  Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS. Yang sekaligus meresmikan pembukaan kegiatan ini.

01_rektor_ub_membuka_dts_2019_ubDalam sambutannya Heru melaporkan terkait jumlah peminat DTS 2019 di FILKOM UB yang jumlahnya sangat banyak. Dari total peserta yang ditargetkan Kominfo sejumlah 300 peserta, tercatat 494 pendaftar yang mengajukan untuk mengikuti program DTS 2019 di FILKOM UB. Dari jumlah pendaftar tersebut setelah dilakukan uji substansi terpilihkan 392 peserta yang berhak mengikuti beasiswa pelatihan ini di UB. Jumlah peserta ini termasuk 8 peserta difabel yang terdiri atas 4 peserta penyandang tuna rungu dan 4 peserta penyandang tuna daksa.

“Karena jumlah peminat yang membludak, akhirnya Kominfo memberi kuota tambahan untuk FILKOM UB. Dimana yang semula hanya diberi kuota 300 peserta, kemudian ditambahkan hingga kami bisa menerima 392 peserta,” jelas Heru.

01_ir_heru_nurwarsitoHeru juga menjelaskan dalam pelaksanaanya nanti peserta akan dibagi dalam 8 kelas yang masing – masing kelas terdiri atas maksimal 50 peserta. 8 kelas itu meliputi 4 kelas untuk bidang Big Data Analysis, 2 kelas bidang Cloud Computing, 2 kelas bidang Cyber Security dan 1 kelas untuk bidang Internet of Things. Kelas ini dibagi dalam 2 sesi yaitu sesi pagi dan siang. Sesi pagi dilaksanakan pukul 08.00 – 12.00 WIB sedangkan sesi siang dilaksanakan pukul 13.00 -  17.00 WIB.

“Setiap kelas akan menmpuh pelatihan sebanyak 36 pertemuan dengan masing-masing pertemuan selama 4 jam. Diakhir sesi pelatihan peserta akan diberi kesempatan untuk mengikuti sertifikasi internasional yang biaya ditanggung oleh Kominfo,” jelas Heru.

01_dekan_FILKOMAcara kemudian dilanjutkan dengan briefing peserta yang disampaikan oleh Adhitya Bhawiyuga, S.Kom, M.Sc salah satu dosen FILKOM UB. Dalam briefing tersebut peserta mendapatkan berbagai informasi antara lain tentang jadwal pelaksanaan, pembagian kelas, penjelasan tata tertib dan hak peserta. Harapannya para peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik untuk bisa meningkatkan kualitas dan kemampuan diri demi menghadapi persaingan di era revolusi Industri 4.0 yang semakin ketat. [dna]

 

 

 

 

 

Share