14:13

Surat Edaran Tentang Pelaksanaan Seminar Hasil Praktik Kerja Lapangan Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi

SURAT EDARAN 
NOMOR : 732/UN10.F15.12/PP/2018
TENTANG
PELAKSANAAN SEMINAR HASIL PRAKTIK KERJA LAPANGAN 
MAHASISWA JURUSAN SISTEM INFORMASI

 

Kepada Mahasiswa Program Sarjana
di Lingkungan Jurusan Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya

Sebagaimana telah ditetapkan dan diatur dalam Buku Panduan Pelaksanaan dan Evaluasi Praktik Kerja Lapangan (PKL) 2018 tentang adanya tahapan Seminar Hasil (Semhas) PKL sebagai bagian dari proses yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa yang melakukan PKL, maka terhitung mulai Semester Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019 Jurusan Sistem Informasi telah  menerapkan adanya pelaksanaan Semhas sebagai bagian dari proses PKL.

Semhas PKL adalah kegiatan bagi mahasiswa (atau kelompok mahasiswa) yang telah melaksanakan praktik kerja pada lokasi PKL untuk mempresentasikan hasil praktik kerja lapangnya dihadapan dosen penguji dan mahasiswa lain sebagai pemirsa. Pemirsa mahasiswa adalah mahasiswa FILKOM yang memiliki rencana untuk melakukan PKL pada periode berikutnya.

Mengingat ketentuan Semhas PKL masih perlu diatur lebih detail, maka prosedur dan mekanisme pelaksanaan Semhas di lingkungan Jurusan Sistem Informasi perlu diatur melalui Surat Edaran ini, adapun proses Semhas PKL diatur sebagai berikut:

1. Pendaftaran Semhas

  1. Mahasiswa yang telah selesai melaksanakan PKL wajib segera mengisi dan menyerahkan Formulir Pendaftaran Semhas (Form 3A) ke Bagian Akademik Program Studi masing-masing untuk dilakukan verifikasi dan penentuan jadwal Semhas.
  2. Pendaftaran dilakukan per judul laporan PKL (perorangan atau kelompok), selambat-lambatnya 30 hari terhitung setelah tanggal selesai pelaksanaan PKL.
  3. Mahasiswa mempersiapkan laporan PKL yang sudah disetujui oleh Dosen Pembimbing, tanpa harus dijilid, untuk diserahkan ke dosen penguji melalui bagian akademik program studi.

2. Penjadwalan Semhas dan Penentuan Dosen Penguji

  1. Sekretaris Jurusan menyusun Jadwal Semhas PKL dan Bagian akademik Program Studi mengumumkan jadwal tersebut selambat-lambatnya 7 hari setelah pendaftaran Semhas dilakukan.
  2. Mahasiswa memilih jadwal pelaksanaan Semhas PKL di Bagian Akademik Program Studi sesuai dengan alokasi jadwal (waktu dan ruangan) yang ditetapkan oleh Jurusan.
  3. Alokasi jadwal yang disediakan berdurasi 100 menit (setara 2 sks) per sesi untuk minimal 3 orang mahasiswa dan maksimal 9 orang mahasiswa baik berkelompok ataupun perorangan. Mahasiswa dalam kelompok yang sama harus menjalani semhas dalam satu sesi yang sama.
  4. Sekretaris Jurusan menentukan dosen penguji pada setiap sesi alokasi jadwal.
  5. Jurusan membuat surat undangan kepada dosen penguji yang harus diambil sendiri oleh masing-masing mahasiswa yang telah terjadwal untuk kemudian harus diserahkan kepada dosen penguji. Undangan disertai dengan berkas laporan PKL per kelompok.

3. Pelaksanaan Semhas

  1. Mahasiswa yang telah terdaftar wajib menghadiri Semhas PKL sesuai jadwal yang tercantum dalam surat undangan Semhas PKL.
  2. Mahasiswa lain dapat hadir sebagai pemirsa dan wajib mengikuti dari awal hingga akhir dari 1 sesi Semhas PKL.
  3. Mahasiswa melakukan presentasi selama maksimal 10 menit untuk menjelaskan aktivitas terkait pelaksanaan dan hasil PKL-nya.
  4. Dosen penguji dapat membahas presentasi mahasiswa dalam bentuk tanya jawab, diskusi dan pemberian saran atau komentar, per presentasi mahasiswa atau per kelompok. Durasi sesi penguji per mahasiswa adalah 5 menit atau 10 menit per kelompok.                                                                                                                                                                                                                            
  5. Dosen penguji dapat memberikan revisi terhadap laporan PKL mahasiswa dengan mengisi Formulir Revisi Dokumen PKL (Form 3C).
  6. Mahasiswa wajib mengisi Formulir Daftar Hadir Semhas (Form 3B).

4. Penilaian Semhas, Revisi dan Pengumpulan Dokumen Akhir PKL

  1. Dosen penguji memberikan penilaian Semhas PKL per mahasiswa sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan dalam Buku Panduan PKL, dengan mengisi Formulir Berita Acara dan Penilaian (Form 3D).
  2. Mahasiswa menerima Formulir Revisi Dokumen PKL (Form 3C) yang telah dilengkapi oleh Dosen Penguji dan segera melakukan perbaikan sesuai saran dosen penguji dengan melakukan konsultasi dan bimbingan ke dosen pembimbing PKL. Persetujuan revisi adalah kewenangan dosen pembimbing.
  3. Mahasiswa menyerahkan dokumen akhir Laporan PKL yang telah dijilid beserta Formulir Revisi Dokumen PKL (Form 3C) yang telah divalidasi oleh Dosen Pembimbing PKL ke Bagian Akademik Program Studi untuk diverifikasi.
  4. Batas waktu pengumpulan revisi dokumen PKL adalah selambat-lambatnya 30 hari terhitung setelah pelaksanaan Semhas.

5. Sanksi Keterlambatan, Ketidakhadiran dan Penilaian Akhir PKL

  1. Mahasiswa yang terlambat melakukan pendaftaran Semhas PKL akan mendapatkan sanksi dalam bentuk penalti berupa penurunan nilai akhir PKL sebesar satu tingkat (contoh: nilai akhir PKL adalah A, karena terkena penalti maka nilai akhir diturunkan menjadi B+).
  2. Mahasiswa yang tidak hadir Semhas PKL sesuai jadwal yang sudah ditentukan, akan dikenakan penalti penurunan nilai akhir PKL sebesar satu tingkat, dan pelaksanaan Semhas PKL dijadwalkan ulang secepat-cepatnya 7 hari berikutnya.
  3. Mahasiswa yang terlambat mengumpulkan dokumen akhir Laporan PKL akan dikenakan penalti berupa penurunan nilai akhir PKL satu tingkat per 30 hari waktu keterlambatan.
  4. Ketua Program Studi merekap dan mengesahkan Nilai akhir PKL dengan mengacu pada komponen-komponen nilai yang telah ditentukan beserta bobotnya, termasuk jika ada penalti.

 

Catatan Tambahan:

  • Pemberlakuan aturan penalti keterlambatan daftar Semhas hanya berlaku bagi mahasiswa yang PKL-nya telah selesai setelah tanggal 1 Oktober 2018. Bagi mahasiswa yang PKL-nya selesai sebelum tanggal 1 Oktober 2018 HARUS sudah mendaftar Semhas paling lambat tanggal 30 Oktober 2018. 

 

Ketua Jurusan Sistem Informasi

ttd

Dr. Eng. Herman Tolle, ST., MT.
NIP. 197408232000121001

Share