layanan

Layanan

FILKOM mulai dari jajaran pimpinan hingga staf pelaksana harian berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pihak yang berkepentingan. Berikut merupakan fasilitas, sarana dan prasana yang disediakan untuk menunjang aktivitas belajar mahasiswa.

Jurusan Teknik Informatika menyediakan akses internet 24 jam pada semua gedung dan sebagian ruang terbuka melalui saluran Wi-Fi yang cepat untuk memudahkan semua civitas akademika di lingkungan Universitas Brawijaya. Bagi mahasiswa dan dosen, akses internet yang cepat dapat memudahkan dalam pencarian referensi dan informasi ilmiah terkini. Selain saluran Wi-Fi juga terdapat akses internet melalui kabel yang tersedia pada ruangan kelas, ruangan dosen dan laboratorium. Beberapa komputer di lorong gedung B Fakultas Ilmu Komputer juga telah disediakan untuk mendukung kemudahan akses informasi di internet.

Dalam perjalanannya menuntut ilmu, mahasiswa tidak akan luput dari permasalahan yang terjadi di kehidupan sehari-hari baik secara akademik maupun non akademik. Masalah yang terjadi tersebut dapat mempengaruhi prestasi mahasiswa. Bentuk penyelesaian masalah tersebut tidak lepas dari kemampuan mahasiswa itu sendiri. Terkadang mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahannya tidak selalu berujung positif.

Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (iFILKOM UB) sebagai bagian dari sebuah institusi pendidikan berskala internasional yang peduli terhadap kebutuhan dan permasalahan mahasiswa menyediakan wadah yang bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi baik permasalahan akademik maupun non akademik. Diharapkan dengan adanya wadah ini dapat memberikan dukungan bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemandirian dalam menjalani studi dan mencegah atau mengatasi masalah yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran.

Tujuan Unit Konseling adalah membantu mahasiswa dalam :

  1. Mewujudkan potensi dirinya secara optimal, baik untuk kepentingan dirinya maupun masyarakat.
  2. Menempatkan dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya secara konstruktif.
  3. Memecahkan persoalan yang dihadapinya secara realistis.
  4. Mengambil keputusan mengenai berbagai pilihan secara rasional.
  5. Melaksanakan keputusan secara konkrit dan bertanggung jawab atas keputusan yang ditetapkan.
  6. Menyusun rencana untuk masa depan yang lebih baik.

Fungsi Bimbingan dan Konseling serta Penasehat Akademik sebagai berikut :

  1. Penyaluran: bimbingan berfungsi dalam membantu mahasiswa mendapatkan lingkungan yang sesuai dengan keadaan dirinya.
  2. Penyesuaian (adaptasi): bimbingan berfungsi dalam rangka membantu mahasiswa menyesuaikan diri dengan lingkungannya, baik lingkungan sosial pemukiman maupun lingkungan belajar.
  3. Pencegahan: bimbingan berfungsi dalam rangka membantu mahasiswa menghindari kemungkinan terjadinya hambatan dalam perkembangan diri untuk mencapai sukses belajar.
  4. Pengembangan: bimbingan berfungsi dalam membantu mahasiswa mengembangkan dirinya secara optimal dalam mencapai sukses belajar.
  5. Perbaikan: bimbingan berfungsi dalam membantu mahasiswa memperbaiki kondisinya yang dipandang kurang memadai.
  6. Pengadaptasian: bimbingan berfungsi dalam membantu Universitas Brawijaya menyesuaikan kebijaksanaan dengan keadaan mahasiswa.
  7. Petugas bimbingan dan konseling tetap menjaga kerahasiaan dari mahasiswa yang terkait dengan keperluan bimbingan dan konseling itu

Adapun program layanan Unit Konseling meliputi:

  1. Pelayanan bantuan pemecahan masalah, baik yang bersifat akademik maupun non akademik melalui konseling/konsultasi.
  2. Pemberian informasi kepada mahasiswa tentang berbagai hal yang berguna bagi pengembangan pribadi, sosial, studi dan karir mahasiswa.
  3. Pemberian pelatihan-pelatihan kecil kepada mahasiswa secara berkelompok (10-15 orang) untuk pengembangan pribadi, sosial, studi dan karirnya, dengan tema-tema seperti tips sukses studi, pengembangan kepribadian yang menyenangkan, bagaimana meningkatkan kecerdasan emosional, dan sebagainya.
  4. Pemberian layanan rujukan kepada dosen wali untuk mahasiswa dengan permasalahan akademis, dan layanan rujukan lainnya.
  5. Menyediakan alat-alat tes psikologis seperti tes kepribadian, tes watak, tes minat dan potensi, tes gaya belajar, dan lainnya sebagai alat bantu dan penunjang proses belajar mahasiswa.

Beberapa manfaat yang diperoleh mahasiswa bila berkonsultasi di unit Konseling FILKOM:

  1. Masalah ditangani oleh ahli yang kompeten di bidangnya.
  2. Memberikan solusi yang lebih terarah dan profesional.
  3. Kerahasiaan identitas dan masalah terjaga.

Laboratorium

Jurusan Teknik Informatika memiliki 11 ruang laboratorium dengan total luas sekitar 850 m2 yang digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan praktikum mahasiswa. Setiap laboratorium telah dilengkapi dengan meja-kursi lengkap dengan desktop PC dengan spesifikasi tinggi untuk kelancaran proses kegiatan praktikum. Untuk menambah kenyamanan, setiap ruangan telah dilengkapi pendingin udara (AC).

Ruang Baca

Jurusan Teknik Informatika memiliki sebuah ruang baca dengan suasana yang tenang dan nyaman. Dengan koleksi buku referensi yang lengkap untuk bidang keilmuan Teknik Informatika, baik dalam bentuk fisik (hard copy) maupun soft copy, dapat menunjang proses studi atau perkuliahan mahasiswa. Disamping itu, mahasiswa program studi Teknik Informatika juga dapat menggunakan fasilitas di Perpustakaan Universitas Brawijaya dengan koleksi buku dan referensi yang lebih lengkap dan mencakup disiplin keilmuan yang lebih luas. Suasana di Perpustakaan Universitas Brawijaya sangat tenang dan nyaman sehingga dapat menjaga konsentrasi saat membaca. Perpustakaan Universitas Brawijaya dapat diakses dengan mudah dengan berjalan kaki karena lokasinya yang bersebelahan dengan program studi Teknik Informatika.

Sarana Ibadah

Jurusan Teknik Informatika memiliki sarana ibadah bagi mahasiswa muslim berupa sebuah mushola utama dengan ukuran yang memadai untuk menampung jamaah shalat 5 waktu. Selain itu, tersedia pula masjid Raden Patah yang merupakan masjid utama Universitas Brwaijaya yang dapat dijangkau dengan mudah

Gedung

Jurusan Teknik Informatika memiliki dan didukung oleh fasilitas gedung - gedung yang berisi ruang perkuliahan, ruang laboratorium, ruang ibadah, toilet, ruang olahraga, ruang kesehatan (poliklinik, rumah sakit), ruang fotokopi, auditorium, kantor pos, kantin, koperasi, penginapan, bank, serta fasilitas – fasilitas lainnya.

Jurusan Teknik Informatika menyediakan dan memanfaatkan fasilitas e-learning yang dapat diakses pada alamat web https://elearning-filkom.ub.ac.id/login/index.php. Jadwal perkuliahan, praktikum, daftar ulang serta kegiatan – kegiatan lainnya dapat diakses melalui alamat web http://filkom.ub.ac.id. Sebagai alat bantu perkuliahan antara dosen dan mahasiswa, PS Teknik Informatika mempunyai sistem terintegrasi untuk memonitoring jumlah kehadiran dosen di suatu kelas mata kuliah, proses bimbingan skripsi dan fitur lain untuk mempermudah kegitan penunjang akademik lain yang dapat diakses melalui alamat web http://filkom.ub.ac.id/apps dengan terlebih dahulu harus login dengan memasukkan NIM/NIK. Untuk mendapatkan tambahan bahan pustaka serta mempermudah dalam mengakses bahan pustaka yang sudah ada di Jurusan Teknik Informatika, telah tersedia perpustakaan online yang dapat digunakan untuk mengakses katalog textbook serta jurnal berlangganan melalui http://digilib.ub.ac.id. Selain itu setiap dosen dapat memanfaatkan blog yang disediakan melalui alamat web http://lecture.ub.ac.id untuk mengunggah materi kuliah, membuat pengumuman, atau menulis artikel – artikel bebas. Mahasiswa dapat memantau nilai dan kehadiran melalui https://siam.ub.ac.id.

Berikutnya adalah dukungan sistem informasi yang dapat membantu mahasiswa dalam melakukan registrasi pada awal semester. Jurusan Teknik Informatika menggunakan berbagai sistem informasi, untuk portal berbagai sistem informasi tersebut dapat diakses pada https://siakad.ub.ac.id. Sebelum mahasiswa masuk, dilakukan seleksi mahasiswa baru, proses seleksi mahasiswa dilakukan dalam beberapa tahap, informasi dari seleksi masing-masing mahasiswa yang mendaftar dapat diakses pada https://selma.ub.ac.id.

Sistem Informasi Akademik Mahasiswa secara umum dapat diakses pada https://siam.ub.ac.id. Mahasiswa berprestasi juga dapat melihat beasiswa pada http://beasiswa.ub.ac.id.

Untuk mahasiswa yang sudah selesai dalam kegiatan akademik, hal yang paling akhir adalah wisuda, Sistem Informasi Wisuda ditujukan bagi operator akademik di setiap fakultas untuk mendaftarkan para peserta wisuda periode yang telah dijadwalkan yang dapat diakses pada https://siakad.ub.ac.id/wisuda/.

untuk mengatur user akun untuk hak akses dan login, serta biodata dari user dapat dilakukan pada website BAIS (Brawijaya Authentification and Identification System) yang dapat diakses pada https://bais.ub.ac.id.

Selain itu, Jurusan Teknik Informatika juga memiliki beberapa list perangkat lunak yang berlisensi untuk menunjang kegiatan akademik yang bisa diunduh oleh semua dosen, karyawan maupun mahasiswa yang dapat diakses melalui laman http://bits.ub.ac.id/en/dreamspark/, perangkat lunak yang dimaksud antara lain adalah Windows Operating System (Windows 10/8.1/8/7/Vista), Microsoft Office Suite (Office Professional/Office Standard 2016/2013/2010), dan produk Microsoft Office yang lain (Visio/Project/Access).

GDP Logo
Nokia Logo
IBM Logo
Cisco Logo
Oracle Logo
NI Logo