Rapat Koordinasi Transisi Kepemimpinan JTIF

16:33

Rapat Koordinasi Transisi Kepemimpinan JTIF

Pada Jumat, 24 Juli 2020 diadakan pertemuan pimpinan Jurusan Teknik Informatika (JTIF) periode 2016 – 2020 dengan pimpinan JTIF periode 2020 – 2024 yang baru saja terpilih. Hal ini digelar dalam rangka transisi kepemimpinan JTIF. Adapun pimpinan JTIF periode 2016 – 2020 yang telah berakhir masa jabatannya sejak 21 juli 2020 lalu adalah Tri Astoto Kurniawan, S.T., M.T., Ph.D. selaku Ketua Jurusan (Kajur) dan Muhammad Tanzil Furqon, S.Kom., M.CompSc. selaku Sekretaris Jurusan (Sekjur). Sementara itu pimpinan JTIF periode 2020 – 2024 adalah Achmad Basuki, S.T., M.MG., Ph.D. selaku Kajur dan Primantara Hari Trisnawan, Ir., M.Sc. selaku Sekjur. Selain itu pertemuan ini juga dihadiri oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) dan Ketua UJM yang berada di bawah naungan JTIF.

Dalam pertemuan tersebut agenda utama acara adalah penyampaian gambaran umum (overview) tentang kondisi dan perkembangan JTIF selama empat tahun terakhir. Tidak hanya disampaikan dalam penjelasan secara lisan, Ketua JTIF periode 2016 – 2020 juga telah mencatatkannya dalam buku yang diberi judul “Memori akhir masa jabatan Ketua Jurusan periode 2016 – 2020”. Tri Astoto berharap penjelasan dan catatan tersebut dapat membantu pejabat yang baru untuk memahami tentang JTIF.

“Masa jabatan saya sebetulnya sudah berakhir sejak 21 Juli 2020 lalu. Tapi saya terus melakukan pemantauan dan saat ini adalah akhir semester sehingga kebutuhan mahasiswa akan layanan administrasi akademik sedang tinggi –tingginya. Oleh karena itu butuh untuk segera ditangani oleh pejabat baru,” jelas Tri Astoto.

01_sesi_tanya_jawab

Disampaikan oleh Tri Astoto bahwa JTIF didirikan pada tahun 2016. Pada saat itu pimpinan JTIF sepakat bahwa fokus periode pertama kepemimpinan jurusan adalah konsolidasi internal dalam rangka membangun pondasi organisasi yang matang. Membangun pondasi yang kuat diawal berdirinya suatu organisasi dirasa sangat penting untuk perkembangan organisasi kedepannya. Hal ini tidak mudah, mengingat pada awal berdirinya JTIF memiliki beban mahasiswa yang cukup besar yaitu 73% dari keseluruhan mahasiswa FILKOM, atau sekitar 3.900 orang lebih.

“Dengan jumlah itu artinya potensi masalah mahasiswa FILKOM 73% nya ada di JTIF. Ini yang harus ditangani dengan baik, sehingga opsi konsolidasi internal adalah keharusan,” jelas Tri Astoto.

Beberapa hal yang disampaikan dalam kesempatan itu meliputi deskripsi umum JTIF meliputi informasi tentang sejarah, struktur organisasi, tata kelola, kurikulum, profil sumber daya yang terdiri atas mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan serta sarana dan prasarana. Tri Astoto menyampaikan bahwa sejak awal JTIF dibangun dengan berprinsip bahwa kurikulum sebagai aset yang vital. Oleh karena itu harus dibuat dengan sematang mungkin.

“Kurikulum harus bisa memberikan perlakuan dan hak yang sama untuk mengejar kompetensi minimal yang harus dimiliki mahasiswa. Kurikulum harus dibuat dengan pendekatan yang benar. Bukan semata otak atik mata kuliah. Untuk kurikulum yang lama 2016, sudah dilakukan penyempurnaan RPS dan lokakarya dosen pengampu. Sedangkan untuk kurikulum baru Prodi S1, JTIF telah membentuk tim sejak Februari 2019, sekitar 18 bulan sebelum kurikulum 2016 berakhir, semata-mata dalam rangka upaya untuk menghasilkan kurikulum yang betul-betul matang,” jelas Tri Astoto.” jelas Tri Astoto.

Acara pada kesempatan itu berlangsung dengan lancar. .Meski demikian untuk mendapat gambaran yang lebih utuh, maka rencananya akan dijadwal pertemuan serupa dlikemudian hari dengan menghadirkan jajaran pimpinan JTIF lama dan baru secara lengkap, mengingat pada kesempatan kali ini masih ada beberapa pejabat JTIF yang berhalangan hadir. Acara ditutup dengan sesi tanya jawab dan serah terima catatan akhir masa jabatan secara simbolis. [dna]

Berikut adalah susunan Pimpinan JTIF periode 2020 – 2024:

Ketua Jurusan TIF

:

Achmad Basuki, S.T., M.M.G., Ph.D.

Sekretaris Jurusan TIF

:

Ir. Primantara hari Trisnawan, M.Sc.

Ketua Prodi Teknik Informatika

:

Adhitya Bhawiyuga, S.Kom., M.Sc.

Ketua Prodi Teknik Komputer

:

Dahnial Syauqy, S.T., M.T., M.Sc.

Ketua Prodi Magister Ilmu Komputer

:

Dr.Eng. Ahmad Afif Supianto, S.Si., M.Kom.

 

 

 

Share

GDP Logo
Nokia Logo
IBM Logo
Cisco Logo
Oracle Logo
NI Logo